Pemulihan Sistem Windows (System Restore) – Prosedur Penting Bagian 1

Penyiapan Operasi Fitur System Restore Windows

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dari komputer kita untuk dapat menjalankan fitur System Restore dan berbagai fitur lain terkait System Restore adalah diantaranya adalah beberapa pengaturan sistem seperti berikut:

Windows Recovery Environment

Harus dipastikan bahwa Windows Recovery Environment pada komputer kita diset pada kondisi Enable. Jika tidak demikian, maka kita tidak akan dapat mengakses fitur System Restore pada menu Advance Startup Options. Untuk melihat status dari Recovery Environment tadi bisa dibuka dari CMD dengan otorisasi administrator

2-1-System-Restore-Recovery-Environment-1

Menjalankan CMD dengan Otorisasi Administrator

Selanjutnya adalah memasukkan perintah: reagentc /info

2-2-System-Restore-Recovery-Environment-2

Perintah lain terkait Recovery Environment adalah diantaranya:

reagentc /enable : untuk mengaktifkan Recovery Environment

reagentc /disable : untuk menonaktifkan Recovery Environment

Advance Startup Options

Setelah konfigurasi Recovery Environment dipastikan telah diaktifkan atau berstatus enable maka langkah selanjutnya yang diperlukan adalah menjalankan fitur System Restore dari menu Advance Startup Options. Dalam perkembangannya, Advance Startup Options ini dapat kita jumpai dimulai dari Windows 8. Fitur System Restore sebenarnya bisa dijalankan langsung dari aplikasi yang bernama Recovery atau aplikasi lain dari sistem yang terkait misalkan aplikasi Create Restore Point namun dari apa yang pernah dilakukan pernah menjumpai kendala waktu melakukan recovery secara langsung saat Windows berjalan atau tanpa melalui menu Advance Startup Options. Dapat terjadi hambatan dikarenakan program lain yang berjalan misalkan Antivirus yang digunakan. Terkait ini dapat disimpulkan bahwa cara yang paling aman untuk melakukan Recovery System Windows adalah melalui Advance Startup Options. Secara berurutan, menu System Restore dapat ditemukan dari urutan langkah berikut:

Restart + Shift -> Troubleshoot -> Advanced Options -> System Restore

Ilustrasi tentang cara masuk Advance Startup Options bisa dilihat dari gambar setelah ini

1-1-System-Restore-Advance-Startup-Options

Tekan Tombol Shift + Restart Secara Bersamaan

1-3-System-Restore-ASO-2

Tampilan Menu Berisi System Restore

Local Group Policy

Konfigurasi lain yang perlu diperhatikan, berkaitan dan berpengaruh dengan operasi fitur System Restore adalah Local Group Policy. Aplikasi Local Group Policy ini bisa dijalankan dengan mencarinya dengan kata kunci gpedit.msc. Secara berurutan, konfigurasi System Restore dapat ditemukan dari urutan langkah berikut:  

gpedit.msc -> Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administrative Templates -> System -> System Restore

Ilustrasi tentang konfigurasi System Restore bisa dilihat dari gambar setelah ini

3-1-System-Restore-Local-Group-Policy-1

Ilustrasi pengaturan System Restore bisa dilihat dari gambar setelah ini

3-2-System-Restore-Local-Group-Policy-2

Seperti yang dapat dilihat pada gambar sebelum ini, pengaturan kebijakan dari fitur Local Group Policy terkait System Restore ini disebutkan sebagai berikut, Turn off Configuration dan Turn off System Restore. Supaya fungsi System Restore dari Windows komputer kita tidak terkendala dari pengaturan Local Group Policy ini maka harus dipastikan policy terkait tadi yaitu Turn off Configuration dan Turn off System Restore berada dalam keadaan Not Configured atau Disabled.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.